Oleh : B.Sugeng Trigiyatno, S.Ag
Kepala MAS Muro'atuddin Magetan

Berangkat dari Firman Allah SWT di dalam Al Qur'an surat Al-Baqoroh ayat 261
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas Karunia-Nya lagi Maha Mengetahui" 
betapa Maha Pemurahnya Allah SWT. Saya khawatir kalau ayat ini belum bisa menjadi inspirasi bagi umat Muslim. Semoga dengan tampilan artikel yang singkat ini kita bisa menggugah nurani Umat yang masih belum bersemangat untuk bersedekah, berinfaq, bersodaqoh, yang mana itu bisa menguntungkan diri kita sendiri dan orang lain.
Begitulah Allah SWT Yang Maha Besar membuat mata rantai yang saling terkait yang menghasilkan Energi yaitu IMAN DAN TAQWA. Kalau kita berfikir untung rugi ketika bersedekah secara materi persepektif keduniaan atau katakanlah Ilmu matematika itu tidak nyambung. Akan tetapi begitu dikaitkan dengan perintah Agama Allah SWT begitu dahsyatnya ajaran Islam. Ini tdk terlepas dari Maha  Agungnya Allah SWT.
Maka marilah kita dalami sedikit demi sedikit ayat-ayat Allah SWT ini jangan sampai kita terlena. Ada perintah ada himbauan, ada peringatan, ada larangan. Kita belum maksimal dalam mempelajari atau mengamalkannya, untuk itu kesempatan bulan Ramadhan saat ini milik kita yang diberikan oleh Allah SWT pada kita. Dengan demikian kesempatan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kita pula.
Dengan demikian marilah bersama-sama untuk mencapai derajat taqwa, kita saling terkait bisa melakukan AMAR MAKRUF DAN NAHI MUNGKAR dan berlomba lomba dalam kebaikan sehingga Ridho serta Rahmat Allah SWT turun secara otomatis. Dengan syarat dilakukan tanpa ada rasa paksaan yang berarti Ikhlas lahir batin. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindunganNya pada kita semua Aamiin. Jazakumulloh khoir.