"When we heal the earth, we heal ourselves"
(Unknown)


Seperti yang dikatakan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara bahwa setiap orang menjadi guru dan setiap  rumah menjadi sekolah, maka tidak perlu cemas jika kita selama pandemi Covid-19 harus belajar dari rumah. Lingkungan di sekitar kita menyediakan banyak sekali bahan dan memberi  banyak inspirasi untuk terus belajar dan berkarya.

Seperti halnya pada materi pembelajaran Kimia kelas XI MIA yaitu materi tentang Asam dan Basa. Disini untuk mengenal bahan-bahan yang termasuk asam atau basa kita tidak perlu ke laboratorium. Cukup kita mempelajari terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari asam dan basa tersebut. Sehingga siswa diharapkan bisa mengenali bahan-bahan yang dipakainya selama ini termasuk kategori asam atau basa, atau bahkan bukan asam maupun basa. Apalagi di saat pembelajaran daring seperti ini, perlu sekali kita mengarahkan siswa untuk lebih eksplore dengan lingkungan sekitarnya. 

Ciri-ciri dari zat yang termasuk asam antara lain :
1. Mempunyai rasa masam
2. Dapat merubah kertas lakmus biru menjadi merah
3. Mempunyai pH kurang dari 7
4. Dapat menghantarkan listrik dengan baik
5. Jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion H+

Sedangkan ciri-ciri zat yang termasuk basa adalah :
1. Mempunyai rasa yang pahit
2. Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
3. Mempunyai pH lebih dari 7
4. Bersifat kaustik yaitu jika terkena kulit akan menyebabkan perih dan luka.
5. Bersifat elektrolit
6. Jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion OH-
Setelah siswa mengenal ciri-ciri asam dan basa, maka siswa dapat kita arahkan untuk menemukan bahan-bahan dirumahnya yang mengandung asam atau basa. Beberapa bahan dikumpulkan kemudian kita minta untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan ke dalam asam atau basa.
Hasil penugasan dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita dapat kita lihat dari dokumnetasi berikut.




Hehe...kesannya mengumpulkan sampah-sampah ya. 
Dengan mengklasifikasikan ke dalam kelompok asam dan basa maka siswa diharapkan akan lebih mengenal ciri-ciri asam dan basa secara langsung.
Oke, itu sedikit pengenalan dari materi Kimia kelas XI berbasis lingkungan sekitar. Semoga dengan belajar kimia kita semua bisa ikut berpartisipasi menjaga lingkungan agar selalu terjga. Dan tentunya lingkungan rumah bisa menjadi sekolah dan guru bagi kita. Selamat belajar....☺

Sumber :https://yudhaisninawati.blogspot.com/2020/05/mengenal-kimia-di-sekitar-kita-asam-dan.html?m=1