About Me

PPDB/PSB Online

Duri dan Kerikil Kecil


Oleh :
B. Sugeng Trigiyatno, S.Ag
Kepala MAS Muro'atuddin Magetan

MUHASABAH : PEMALAS MENGHAMBAT HIDAYAH DAN BAROKAH


Manusia hidup di dunia ini terdapat dua pilihan. Tersirat Firman Allah SWT dalam surat Al Balad ayat 10 yang berbunyi : وَهَدَيۡنٰهُ النَّجۡدَيۡنِ‌ۚ artinya "dan kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebaikan dan kesesatan)".

Berangkat dari ayat ini ketika kita mengambil jalan sesat pastilah kita akan menyesali perbuatannya itu kelak dalam akhirat dan penyesalan yang tidak ada manfaatnya. Untuk itu sebelum kita melangkahkan niat untuk melakukan sesuatu kita sudah mendapat rambu-rambu dari Allah SWT Dalam ayat tersebut diatas ,maka disini marilah kita susun langkah sedemikian rupa sehingga kita tidak akan menyesali perbuatan kita dalam rangka perjalanan menuju ke Haribaan Allah SWT.
 
Saudaraku sekalian, kerikil duri *Malas* menjadi penyebab utama dari perbuatan kita dan menjadikan tidak maksimalnya arah tujuan yang haqiqi. Kenapa hidayah dan barokah bisa terhambat ,mari kita simak bersama tentu kita merujuk dari firman Allah SWT dlm surat Al Insyiroh ayat 7:    فَاِذَا فَرَغۡتَ فَانۡصَب  dan ayat 8   وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ "Maka apabila engkau telah selesai dari satu urusan tetaplah bekerja keras untuk urusan yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap".

Disinilah titik lemah manusia. Kita sering melakukan suatu pekerjaan tetapi setelah selesai langsung berpangku tangan tidak segera melaksanakan kegiatan yang lain, padahal Allah SWT memberikan sesuatu itu dilihat dari niat keihklasan dan kesungguhan kita. Ketika kita *malas* maka disitu menjadi duri kerikil tajam penyebab dan penghambat turunnya Barokah dan Hidayah-Nya. 

Untuk itu mari kita bersama menyikapi permasalahan ini dengan Ikhtiar, berusaha keras dan maksimal demi meraih kemenangan dan Keridhoan Allah SWT. Dengan ikhtiar dan berusaha itulah Allah SWT menurunkan Hidayah dan Barokah-Nya kepada kita semua. Semoga dengan ikhtiar ini kita bisa tahu bahwa petunjuk Allah SWT adalah pilihan yang betul-betul petunjuk yang haqiqi, sehingga akan memberikan keamanan bagi kehidupan duniawi dan uhrowi. Aamiin. Jazakumulloh khoiron katsir. Fastabiqul Khoirot.




Post a Comment

0 Comments