About Me

PPDB/PSB Online

Fenomena (buah) Blewah di Bulan Ramadhan


(Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman;zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan."Q.S. An Nahl: 11)

Nama latinnya adalah Cucumis melo var. cantalupensis L. Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Unik memang, disebut buah tetapi tidak pernah dimakan langsung, akan tetapi selalu menjadi campuran untuk minuman seperti es blewah. Nah lo....? Seperti pepaya, buah atau sayur? 😁.

Tentu saja dengan teksturnya yang memang segar menggoda ditambah sirup dan es batu, semakin menambah nikmatnya buah ini tatkala disajikan. Buah yang tidak pernah absen saat bulan Ramadhan tiba, menjadi banyak idola para pemburu takjil. Penyajiannya yang cukup simpel juga menjadi banyak pilihan saat berbuka puasa. 

Jika di bulan-bulan lainnya jarang ada, maka di bulan Ramadhan buah blewah ini sangat mudah ditemui di pasar, di toko buah bahkan di pinggir-pinggir jalan raya. Di sepanjang jalan yang saya lewati banyak mobil pikc-up yang menjajakan buah berbentuk seperti labu ini, yang memang unik menjadi banyak pilihan emak-emak di rumah untuk takjil buka puasa. 

Ayo mak? Team mana kalian? Dibuat es campur atau es dengan sirup saja? 😀.
Selamat mengolah buah unik ini ya...

Post a Comment

0 Comments