About Me

PPDB/PSB Online

KEBIASAAN BARU YANG LAMA


"Tanpa tindakan, pengetahuan tidak ada gunanya dan pengetahuan tanpa tindakan itu sia-sia." (Abu Bakar Ash Sidiq)

Karakter terbentuk dari pola aktivitas yang dilakukan secara berulang yang disebut kebiasaan. Kebiasaan yang baik dan bernilai positif akan lebih mudah membentuk karakter yang baik. Maka dari itu kebiasaan yang bernilai negatif hendaknya bisa dihilangkan dalam aktivitas sehari-hari.

Penerapan New Normal selama pandemi Covid-19 yang belum usai memunculkan kebiasan baru yang sejatinya sudah lama. Kampanye menjaga kebersihan sejak jaman baheula sudah digaungkan oleh pemerintah. Namun kali ini memang lebih “garang” karena kondisi darurat akibat Covid-19.  Sejak tahun 2017 pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah mencanangkan Germas, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Dengan adanya New Normal yang dicanangkan pemerintah, menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya Germas ini.  Kebiasaan baru yang sporadis seperti mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, memakai masker saat keluar rumah,  menjadi aktivitas yang tidak bisa dianggap remeh lagi.

Namun dengan pembiasaan New Normal seperti memakai masker jangan sampai terlalu berlebihan dan tetap memperhatikan aspek kebersihannya. Sebagai contoh memakai masker non medis selama lebih dari 4 jam, atau masker tidak sering dicuci. Panduan ini seharusnya lebih sering disosialisasikan. Alih-alih ingin terhindar dari corona, tapi mengundang penyakit lainnya akibat kelalaian menerapkan kebersihan dari masker.

Kebiasaan baru yang lama juga terlihat dari mulai dibukanya kembali tempat ibadah. Namun memang harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, sehingga bisa meminimalisir adanya penyebaran corona yang masih membayang di mana-mana. Kebiasan-kebiasaan yang sangat bernilai positif, semoga ke depan setelah pasca Covid-19 bisa menjadi karakter bangsa, untuk selalu  menjaga pola hidup sehat. Bukan hanya seperti musim suweg dimana saat musim hujan selalu bermunculan, namun pada saat musim kemarau melakukan tidur panjang.

Maka dari itu, dengan New Normal ini mari bersama-sama tetap tidak terlena dan tidak jenuh dengan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dibangun bersama selama musim virus. Bersama kita jaga Indonesia Sehat!

Magetan, 22 Juni 2020

Post a Comment

0 Comments