About Me

PPDB/PSB Online

Kimia Di Sekitar Kita; Koloid


(Orang yang tak pernah membaca buku sama buruknya dengan mereka yang tak bisa membaca buku." -Mark Twain)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya kimia. Segala proses yang kita lakukan ada kaitannya dengan kimia. Namun kita jarang menyadari kalau sebenarnya kita sudah sering bahkan setiap hari melakukan proses kimia. Bahkan anak-anak yang sudah mendapat materi pembelajaran kimia di madrasah atau sekolah pun kadang juga tidak paham bahwa mereka sudah melakukan praktikum sederhana kimia sendiri di rumah.

Dalam benak kebanyakan orang, kimia adalah hal-hal yang hanya bisa dilakukan di laboratorium, dengan bahan-bahan berbahaya yang menimbulkan asap, seperti di tayangan film-film kartun😁. 

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengenali Koloid, Materi kelas XI IPA semester 2. Mungkin semuanya yang dulu pernah ambil jurusan IPA masih ingat dengan nama koloid. Saya tidak akan membahas pengertian, sifat dan jenisnya disini. Akan tetapi kita akan membahas apa saja yang termasuk koloid di sekitar kita. Koloid di sekitar kita sangat sederhana. Setiap hari pun kita sudah membuat koloid itu sendiri. Mulai dari membuat minuman teh,kopi, susu dan lain-lain. Termasuk saat kita membuat adonan tepung pun kita sudah melakukan percobaan sains koloid dirumah. Membuat puding, agar-agar juga termasuk ke dalam sistem koloid. 

Beberapa waktu lalu saya memberikan penugasan kepada siswa kelas XI IPA untuk melakukan praktikum sistem koloid secara sederhana di rumah. Saya awalnya hanya memberikan opsi larutan dan suspensi, karena lebih mudah dipraktikumkan dengan bahan yang ada di sekitarnya saja. Akan tetapi begitu luar biasa anak-anak kita membuat yang lebih. Bahkan ada yang membuat puding, sekalian untuk berbuka puasa 😁👍. Bayangan saya mereka akan membuat larutan pasir atau tepung begitu saja. Sungguh luar bjasa anak-anak tidak ingin berkotor ria dan sekaligus membuat takjil yang bisa dimakan bersama-sama keluarga. Belajar sekaligus praktek memasak😀.

Mungkin itu saja yang bisa kita kenal dari koloid. Masih banyak hal-hal lain yang nanti bisa kita bahas lain waktu. Salam sehat, salam literasi dan jangan lupa bahagia dengan tetap beribadah puasa👍.

12 Ramadhan 1441 H.

Post a Comment

0 Comments