About Me

PPDB/PSB Online

Jumat Berkah Dengan Al Kahfi


"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya akan memancar cahaya terang yang menyinari dirinya di antara kedua Jum’at".

(HR. Al-Hakim (2/399), Al-Baihaqi (3/249).


Sebagai Muslim tentu saja kita selalu dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Setiap Jumat banyak saudara-saudara Muslim berlomba-lomba mengingatkan melalui media sosial untuk membacanya. Apalagi sekarang di Bulan Ramadhan, pahala yang begitu melimpah bagi siapa saja yang melakukan kebaikan. Pada bulan-bulan biasa kita sering dianjurkan membaca surat Al Kahfi. Salah satu dari banyak surat istimewa yang selalu dibaca pada hari Jumat.

Surat Al Kahfi adalah surat ke-18, terdapat pada juz 15 sampai awal juz 16. Terdiri dari 110 ayat, termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah.

Oleh karena itu sangat perlu kita sebagai Muslim, dalam kondisi apapun menyempatkan untuk membacanya. Karena dengan membaca Al Kahfi akan kita dapati banyak manfaat dan keutamaannya.

Keutamaan dan manfaat yang kita dapatkan dari membaca surat Al Kahfi antara lain yaitu :

1. Menghindarkan diri dari fitnah dajjal

Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan Surat  Al Kahfi.” (HR Muslim)

2. Mendapatkan ridho Allah SWT dan diterangi cahaya.

Dari hadist Ibnu Umar R.A, berkata:


مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)
3. Diampuni dosanya oleh Allah SWT
Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwaRasullulah SAW bersabda bahwa
Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.
4. Terhindar dari gangguan setan
5. Disinari cahaya kebaikan
Begitu besar keutamaan membaca surat Al Kahfi, tentunya tidak akan kita sia-siakan untuk membacanya. Semoga keberkahan Al Kahfi senantiasa menaungi kita sampai kelak di akhirat.

#Dari berbagai sumber.
21 Ramadhan 1441 H

Post a Comment

0 Comments